CTR and My Childhood

4/16/2011

CTR adalah... ah skip ajalah, gue yakin udah pada tau sih iya ngga? game keluaran Anjing Nakal (Naughty Dog) ini emang udah terkenal banget. Game yg dibintangi oleh Crash Bandicoot ini adiksinya tinggi banget, apalagi buat bocah ngga ada kerjaan penggemar game balapan kayak gue. CTR singkatan dari Crash Team Racing, dan Crash adalah nama tokoh utama game ini. Game playnya kayak game balap pada umumnya, kita mengendarai sebuah Go-Kart dan dipersenjatai dengan berbagai macam equip dari kotak misteri, masing-masing karakternya jg dijaga oleh semacam jelangkung arwah tiki gitu... lah kok malah ngejelasin juga, katanya skip..?

Nah trus apa hubungannya CTR sama gue? sama masa kecil gue? sama blog ini, dan sama murid kelas 3 yg bentar lagi mau UN? jadi gini... CTR itu game PS pertama yg gue mainin, gue masih inget banget, kejadiannya sebelum gue TK, pengalaman nginep sendiri pertama gue, pengalaman maen PS pertama gue, dan pengalaman main CTR pertama gue. Pertama main CTR tuh gue pake Crash Bandicoot (karena si crash ada di main menu bawa piala, jg gue pikir pasti jagoannya crash), dan track pertama itu di Crash Cove, yup ga penting emang sih... meningan lu belajar deh buat UN hahahaha (aneh? emang)

Setelah gue punya PS pun, (tepatnya setelah bolos TK 3 bulan untuk memperjuangkan itu, baca : ngambek, mogok sekolah) gue paling seneng maen CTR, ga ada abisnya...mungkin udah puluhan kali ganti stick, udah puluhan kali beli CDnya, tp CTR harus tetep gue mainin, karena CTR game wajib gue waktu itu (selain Harvest Moon dan Wining Eleven juga).

Setelah umur gue semakin bertambah, dan gue ganti-ganti pacar : PS gue --> PS2 tetangga --> komputer om --> komputer gue sendiri. Akhirnya gue memutuskan untuk nostalgia lagi mainin nih game. Gue cari-cari informasi gimana bisa mainin nih game di PC, karena dulu masih dablek, gue langsung masukin aja CD PS ke CDROM PC dan ternyata ngga bisa!!! (ngga kaget kan, masa gue kaget).

Setelah sekian lama menggali pasir untuk mencari setetes informasi, menembus belantara buku, dan menyelammi samudra internet (hiperbola detected) akhirnya gue kenalan sama yg namanya PSX emulator, setelah sebelumnya gue sahabatan sama GameBoyAdvance (Game Boy emulator) dan keranjingan game pokemon. yaudah gue install, cari BIOS, download ROM CTR, configurasi, ternyata ngga segampang yg gue kira dan akhirnya berhasil.

Begitu denger music awalnya.. gue mau nangis, terharu, mata gue berlinangan air mata, hati gue bergetar, karena masa kecil gue bisa kembali (setidaknya game masa kecil), lebay sih.. tapi emang gak bener *halah.
yaudah gue beli joystick yg double (buat maen berdua sama adek gue) dan NOSTALGIA MAN!!!!!

Sekarang, gue udah tamatin story 100%, Relic Race Platinum semua, Gem udah lengkap, Token udah lengkap. Tinggal mau tuntasin Time Trial aja dan dapetin N.Trophy dan Penta Penguin susah gila...

sasaran nostalgia gue selanjutnya adalah : Harvest Moon, Pepsiman, dan Grand Turismo. Kalo lo gimana pengalaman maen CTRnya? kesel diketawain Cortex? pernah ketiban perutnya Papu Papu? tau jalan pintas terlarang di Hot Air Skyway? share donk.. :d

ENJOY YOUR DAY!

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

3 comments

  1. "A man growing old becomes a child again" -Sophocles

    BalasHapus
  2. Wow,,,saya juga pernah kecanduan CTR waktu msh SMP dulu..bisa menghabiskan 6 jam di depan PS buat main game ini...

    BalasHapus
  3. iya nih bli.. emang Game Sepanjang Masa dah.. :30

    BalasHapus

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger